Khasiat dan manfaat Bayam

Amaranthus

 Uraian tanaman :

Semak, berbatang tegak, bentuk bulat, warna hijau kekuningan. Daun tunggal berseling bentuk lanset, tepi rata ujung runcing pangkal tumpul, warna hijau muda sampai hijau kekuningan. Perbungaan bentuk malai, melekat di ketiak daun, kelopak berbagi lima, mahkota bunga berwarna hijau keunguan. Buah batu biji bulat, mengkilat, warna coklat kehitaman.

Bagian yang digunakan : daun dan akar

Kandungan kimia :

  • Zat  : protein, lemak, Senyawa kalium, kalsium, fosfor, zat besi, mineral, sodium, potasium, biotin, vit E, magnesium, mangan, dan alumunium, pro vit A (karotenoid), vit B1, vit C dan vit K,  asam oksalat, asam folat, klorofil dan saponin.

Kandungan dan Manfaat :

  • Kalium : membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah
  • Kalsium :mengisi kepadatan tulang, berperan dalam pembentukan gigi, membantu pembekuan darah, transmisi saraf, stimulasi otot, stabilitas asam basa (pH) darah, dan mempertahankan keseimbangan air.
  • Fosfor :untuk kesehatan gigi dan tulang
  • Zat besi :untuk pembentukan butir darah merah dan berperan dalam pusat pengaturan molekul hemoglobin sel-sel darah merah, juga berperan dalam metabolisme energi, termasuk sintetis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam kekebalan tubuh.
  • Natrium atau Sodium: menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta menjaga dan mengatur tekanan osmotik agar cairan tidak keluar dari darah dan masuk ke dalam sel (dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, natrium bekerja sama dengan kalium) , juga berperan dalam transmisi saraf, konstraksi otot, absorpsi glukosa, dan sebagai alat angkut zat-zat gizi melalui membran sel
  • Biotin : berperan dalam produksi  dan penggunaan lemak serta asam amino
  • Vitamin E: berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi pengaruh buruk dari radikal bebas, proses penuaan, dan karsinogen, juga berfungsi memelihara integritas membran sel, sintetis DNA, mencegah penyakit jantung koroner, mencegah keguguran dan seterilisasi, serta mencegah gangguan menstruasi.
  • Vit C :dibutuhkan untuk pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut electron dari berbagai reaksi enzimatik, pemicu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, pemicu sistem kekebalan tubuh,
  • Vit C: untuk anti oksidan, membantu mencegah berbagai macam jenis kanker : kanker paru, kolon, kandung kemih, pancreas, payudara, juga mengurangi radikal bebas pemicu kanker.
  • Vit C: dapat mengurangi resiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat penuaan, memperbaharui sel darah putih
  • Vit C:  sangat sensual untuk membentuk sperma, kekurangan vit C pada pria dapat menghambat dalam memperoleh keturunan, perbaikan membutuhkan waktu satu bulan dengan meningkatkan vit C sebanyak 500 mg,kualitas dan kuantitas sperma serta aktifitasnya dapay ditingkatkan dengan mengkonsumsi vit C.
  • Vit C: dapat mengurangi resiko pada perokok pasif. Resiko perokok pasif adalah kerusakan sel yang bias menyebabkan kanker atau penyakit pernafasan lain
  • Magnesium :bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, termasuk reaksi yang berkaitan dengan metabolisme energi, karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat. Selain itu juga berperan dalam sintesis, degradasi, dan stabilitas bahan gen DNA.
  • Mangan :untuk menjaga sistem saraf pusat agar berfungsi normal, dan dapat membantu memperbaiki daya ingat
    • Pro vit A: Beta karotinnya merupakan anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan,dan juga dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi.dan jika tubuh perlu vit.A maka beta karotin di hati akan diubah menjadi vit.A
    • Fungsi Vit.A: dapat mencegah buta senja,mempercepat penyembuhan luka,dan mempersingkat lamanya sakit campak
    • Vit K: berperan dalam proses yang terjadi pada tubuh. Melalui riset terbaru vit K diketahui berperan sebagai anti penuaan yang lebih efektif dibandingkan vit E, vit K  juga berperan dalam mencegah penyakit-penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, karena efeknya dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor-faktor seperti timbunan plak kalsium, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa Vit K berperan dalam menangani kanker karena terbukti dapat bertindak sebagai racun dalam sel-sel kanker, tetapi tidak membahayakan sel-sel yang sehat.
  • Karoten :antioksidan, antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh
  • Asam folat: berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah dan darah putih pada sumsum tulang belakang
  • Klorofil : dapat mendorong produksi homoglobin, serta mengurangi pengeluaranya pada saat menstruasi, klorofil njuga mengandung senyawa lain dalam kloroplas kompleks, termasuk karoten dan vit K yang bermanfaat untuk kesehatan.
  • Saponin :bersifat mengikat dan menurunkan kolestrol, menstimulasi imunitas, mencegah penyakit jantung koroner, dan sebagai anti kanker
  • Antipiretik, sudorifik, diuretik
  • Baik untuk sistem pencernaan, menurunkan resiko serangan kanker, anti diabet, menurunkan berat badan, menurunkan kolestrol darah, mencegah anemia

S/W Ver: 85.9B.D0R

Ramuan dan Takaran :

  1. Anemia : Bayamsecukupnya, Air secukupnya. Bayam di jus. minum jus bayam secukupnya
  • Anemia : Daun bayam duri1 genggam, Kuning telur ayam kampung 1 butir, Madu 1 sdm Air ½  gelas. Cuci daun bayam duri, lalu tumbuk halus beri ½ gelas air matang, peras/ saring tambah kuning telur dan madu, aduk rata. Minum ramuan tersebut 2x sehari sekali minum 1 gelas.
  1. Ambeien :makan bayam yang direbus secukupnya
  2. Bronkhitis : Daun bayam segar1 genggam, Kayu angin ½ sdt, Kulit kayu pule (serbuk) 1 sdt Air 110 ml. Semua bahan di seduh dengan air. Minum sehari 2x, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml. Lakukan selama 14 hari
  3. Darah rendah : 200gr bayam merah, 40gr bawang merah, 10gr cabai, 5gr gula aren, 5gr asam kawak, 5gr lada, 1sdt garam dapur. Bayam bersih kukus sampai setengah matang. Sedangkan bahan lainnya tumbuk halus sebagai sambal. Bayam dan sambal gunakan sebaai menu makan sehari sekali.
  4. Membersihkan darah habis bersalindan menjaga serta meningkatkan kerja ginjal : Bayam secukupnya, Air secukupnya. Bikin sayur bening. Bayam dikonsumsi dalam bentuk sayur bening

Catatan :

  • Penderita asam urat darah yang cukup tingi dan rematik gout dilarang mengkonsumsi terlalu bayam terlalu banyak karena bayam mengandung purin yang cukup tinggi. Didalam tubuh purin akan di metabolosir menjadi asam urat.
  • Untuk pengobatan, bayam merah dianggap lebih berkhasiat daripada bayam hijau.
  • Dikarenakan bayam mengandung asam oksalat dalam jumlah yang cukup besar, sebaiknya bayam direbus terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum di konsumsi untuk menghilangkan rasa yang masam.
  • Anak-anak sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

Penelitian :

  • Ernawati Santoso, 1986. Fakultas Farmasi, WIDMAN. Melakukan penelitian dengan infuse daun bayam merah secara oral terhadap kadar besi serum, hemoglobin, dan hemotokrit pada kelinci yang dibuat anemia. Hasilnya ternyata infuse daun bayam merah 30% dapat menaikan kadar besi serum, Hemoglobin, dan hemotokrit secara bermakna jika dibandingkan dengan kelompok yang diberi air suling. Kenaikan kadar hemoglobin hematokrit secara bermakna jika dibandingkan dengan kelompok yang diberi air suling. Kenaikan kadar hemoglobin, hemotokrit tidak berbeda dibandingkan dengan kelompok yang diberi ferosi sulfas.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.